Dasar - Dasar HTML Bagian 2

Text atau tulisan atau huruf-huruf memang bagian penting dari sebuah informasi, untuk membuatnya lebih asyik dibaca kadang tulisan dibuat dengan susunan yang rapi, menggunakan warna sebagai penjelas, menebalkan, memberi garis bawah dan lain sebagainya..

Untuk keperluan itu dibuatlah Tag-tag HTML untuk mengatur Text/tulisan. Mari kita kenalan dengan Tag-tagnya :

Tag Judul

Coba ketikan kode berikut di antara TAG BODY yang kemaren dibuat, caranya klik kanan pada index.html, Open with..Notepad:

....

Judul dengan Tag H1


Judul dengan Tag H2


Judul dengan Tag H3


Judul dengan Tag H4


Judul dengan Tag H5

Judul dengan Tag H6


...

Save dan doubleklik, hasilnya bisa dilihat sendiri ukuran dari masing-masih tulisan yang diapit tag H. Biasanya tag ini digunakan untuk keperluan judul.

Tag - tag dalam paraghrap

- Paragraph Baru:

Digunakan untuk pindah alinea atau paragraf. Tag ini bisa diberi akhiran

tapi juga bisa tidak.

- Line Break:
Digunakan untuk pindah ke baris baru.

- No Line Break: Bila digunakan tag ini maka teks yang panjang tidak secara otomatis pindah baris bawahnya bila baris pertama sudah terlalu panjang.

- Font Untuk mendefinisikan berbagai attribut FONT, yaitu : SIZE, FACE, COLOR.

SIZE: Ukuran font yang digunakan, berkisar antara 1 - 7 dengan 1 merupakan ukuran terkecil dan 7 merupakan ukuran terbesar.

FACE: Jenis atau nama font. Anda bisa memilih maksimal 3 jenis font yang masing-masing dipisahkan oleh koma. Bila terdapat spasi yang terletak pada nama font maka harus digunakan tanda garis bawah ( _ ). Dalam memilih Jenis font ini harus dipertimbangkan apakah font yang kita gunakan pada halaman web kita nantinya akan terdapatpada komputer pengguna yang lain (pengakses web kita). Pendeknya kita tidak usah menggunakan font-font yang bentuknya aneh-aneh, gunakan saja font standar. Tapi bila Anda ingin menggunakan font yang sedikit "aneh" Anda bisa menggunakan graphic nanti akan dijelaskan.

COLOR: Warna font, didefinisikan dengan menggunakan nilai RGB/HEX seperti #ffffff (putih) atau bisa juga langsung menggunakan nama warna (red misalnya).

Contoh :

....

Isi website saya dengan teks yang berwarna merah

.....

Selain tag dan attribut di atas, masih terdapat lagi tag-tag yang berhubungan dengan pengaturan teks, yaitu :

Perhatian : Semua tag di bawah ini membutuhkan tag penutup .

Bold text
Italic text
Underscore
Typewriter

Category:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar