Dasar - Dasar HTML Bagian 1

Yang namanya web ya mesti HTML, kenapa? dari artinya HTML adalah bahasa yang digunakan dalam pembuatan halaman web, atau dalam bahasa lainnya Hypert Text Markup Language. Apa itu web? nanya terus ini kapan mulai bikin webnya, tapi klo mau tau banyak tentang web bisa akses di wikipedia.org. Tulisan ini khusus cara bikinnya bukan sejarahnya dan ditujukan bagi pemula kek saya, hehe kita sharing bareng.

Dalam penggunaannya sebagian besar kode HTML tersebut harus terletak di antara tag kontainer. Yaitu diawali dengan dan diakhiri dengan (terdapat tanda "/"). Ok kita akan berkenalan dengan 4 Tag dasar pembentuk halaman website.

1. Tag Sebagai tanda awal dokumen HTML.

2. Tag Sebagai informasi page header.

3. Tag Sebagai titel atau judul halaman.</font></span></p> <p><span class="artikel2"><font class="isi">4. Tag <BODY> Sebagai isi website yang ditampilkan.</font></span></p> <p><span class="artikel2"><font class="isi">Contoh sebuah halaman Website sederhana :</font></span></p> <pre><span class="artikel2"><font class="isi"><HTML><br> <HEAD><br> <TITLE> cHayosty site


Isi website saya


*) Tulisan dalam tag tidak harus dengan huruf besar, bisa saja ditulis dengan dan seterusnya

Simpanlah difolder misalkan folder “Mywebsite”, kasih nama “index.html” (ga pake tanda petik).
Bukalah folder tadi dan doubleklik file HTMLnya, dibrowser akan tampil seperti ini :

html

Perhatikan Isi diantara Tag TITLE dengan tulisan "cHayosty site" akan ditampilkan di judul windows juga Tab Browser. Dan Isi dari Tag BODY dengan isi "Isi Website saya" akan ditampilakan di Stage-nya.

Mengenal Attribute

Ketika kita menginginkan sebuah tulisan yang kita ketik di Ms word misal, kita ketik : ini adalah tulisan. Nah kita pengen tulisan tadi dikasih ukuran 14, dikasih warna biru, dan jenisnya Arial. Klo begitu kita membutuhkan settingan lebih pada tulisan tadi, settingan lebih tadi sama dengan attribut dalam HTML. Begini gambarannya :

Ini adalah tulisan

naah itu dalam bahasa manusia, klo HTMLnya seperti ini :

Ini adalah tulisan

COLOR, SIZE, FACE adalah Attribut dari Tag FONT. Kapan Attribut dipakai? tergantung pada kita saat menginginkan settingan lebih pada suatu Tag. Contoh Tag BODY yang disetting dengan warna merah :



cHayosty site


Isi website saya


Nanti dari gambar diatas, backgroundnya menjadi merah..cobalah

Sampai ketemu di Sesi II Pengaturan Text Dalam HTML, semoga bermanfaat...


sumber; www.chayo.my-php.net


Category:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar