Pengenalan PHP

Sejarah PHP

PHP adalah salah satu bahasa Server-side yang didesain khusus untukaplikasi web. PHP dapat disisipkan diantara HTML dan karena bahasa Selver side, maka bahasa PHP akan dieksekusi di Server, sehingga yang dikirim ke browser adalah “hasil jadi” dalam bentuk HTML, dan kode PHP anda tidak akan terlihat. PHP dibuat pertama kali oleh satu orang yaitu Rasmus Lerdorf, yang pada awalnya dibuat untuk menghitung jumlah pengunjung pada homepagenya. Diawal Januari 2001, PHP telah dipakai lebih dari 5 juta domain diseluruh dunia, dan akan terus bertambah karena kemudahan aplikasi PHP dibandingkan dengan bahasa Server side yang lain. Anda dapat melihat angka sesungguhnya di http://www.php.net/usage.php.

PHP termasuk dalam Open Source Product. Jadi anda dapat merubah source code dan mendistribusikannya secara bebas. PHP juga diedarkan secara gratis. Anda bisa mendapatkannya secara gratis. PHP juga dapat berjalan diberbagai web server semisal IIS, Apache, PWS, dll.

Instalasi PHP

Pada prinsipnya, menginstal PHP tidaklah sulit, apalagi bagi pengguna Linux, karena PHP, MySQL dan Apache akan langsung terinstal. Namun, karena kita menggunkan Windows, kita harus menginstanya secara manual dan membutuhkan berapa konfigurasi.
Saat ini, cara termudah menginstal PHP adalah menggunakan PHPTriad, hanya dua kali klik, Anda tidak perlu mengkonfigurasi apapun. Caranya :
1. Download PHPTriad dari http://www.PHPGreek.com
2. Klik ganda ikon PHPTriad melalui Windows Explorer.
3. Akan tampil kotak dialog License Agreement, klik tombol I Agree.
4. Tunggulah proses instalasi PHPTriad hingga selesai, lalu klik tombol Close.
Dengan menginstal PHPTriad, sebenarnya Anda tidak hanya menginstal PHP saja, tapi sekaligus menginstal Apache sebagai web server-nya dan MySQL sebagai database-nya. Mudah sekali bukan… J

Menguji Hasil Instalasi PHP

1. Aktifkan server Apache, klik tombol start > All Program > PHPTriad > Apache Console > Start Apache.
2. Buka browser, misalnya Internet Explorer. Kemudian, isikan pada bagian Address: http://localhost/
3. . Jika Anda menjumpai tampilan halaman “Welcome”, berarti Anda sukses menginstal PHP…! !

Memulai PHP
Untuk menuliskan membuat program PHP itu mudah, cukup dengan menggunakan program editor, seperti Notepad, PHPCoder, Dreamweaver atau vi editor (linux).
Untuk penulisan kode PHP diawai dengan tanda . Dan untuk menambahkan komentar diawali dengan tanda /* dan diakhiri */ (lebih satu baris), atau menggunakan tanda // (komentar satu baris).
1. Buka program Notepad, lalu tuliskan skrip PHP dibawah ini
:


// echo adalah perintah untuk menampilkan sesuatu di layar.
echo ("Hello PHP, Aku akan mempelajarimu sampai tuntassss..!");
echo ("
");
/* Tag
merupakan tag HTML yang berfungsi untuk berpindah baris.
Fungsi date untuk menampilkan tanggal 9d = data),
bulan (M=Month) dan tahun (Y=Year) */
echo ("Sekarang tanggal: ");
echo date ("d M Y");
echo ("
");
# PHP_SELF untuk menampilkan nama file echo ("$PHP_SELF()");
?>


sumber; www.chayo.my-php.net

Category:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar